Senin, 25 April 2016

SISTEM WAKTU BEKERJA UNPOL DAN GAMBARAN PEMBERIAN WAKTU LIBUR CTO/AL DALAM MISI PBB


Dalam SOP untuk UNPOL bekerja minimal 8 jam/hari, 30- 31 Hari/ bulan, dan sudah termaksud 1 jam untuk makan siang, di Indonesia biasa kita sebut ISOMA, setiap 1 hari bekerja UNPOL mendapatkan 0,2 day off, sehingga setiap 5 hari bekerja UNPOL mendapakan 1 hari day off, atau Compensation CTO.  Kita ambil contoh satu bulan 30 hari, 30/5 = 6 maka setiap 30 hari bekerja UNPOL akan mendapatkan 6 hari days off atau CTO, dan juga akan mendapatkan Annual Leave sebanyak 2,5 hari. Tidak seperti CTO, Annual Leave di dapatkan otomatis tiap bulan dan hanya bisa di kumpukan sebanyak 12 hari, apabila anda tidak menggunakan AL yang sudah terkumpul sebanyak 12 hari maka tambahan yang akan di dapat bulan berikutnya akan hangus, dan anda mendapatkan AL secara otomatis perbulan walaupun anda sedang menggunakan days off anda CTO/AL, tetapi CTO di hasilkan hanya pada saat anda bekerja, apabila anda menggunkan CTO/Al anda maka anda sedang tidak bekerja dan anda tidak akan menghasilkan CTO, ( lihat penjelasan mendapatkan CTO/ days off, 02/hari, 1/5hari, 6/30 hari).  Jadi perbulan anda mendapatkan 8,5 days off.

Kapan anda bisa mengambil CTO atau AL anda, untuk CTO/ Al pertama baru bisa anda ambil setelah 45 anda berada di misi. Setelah itu untuk CTO ke 2 dan seterusnya anda bisa mengambil CTO setelah 21 hari dari tanggal anda terakhir menyelesaikan CTO. Kita ambil contoh anda selesai CTO pertama tanggal 1 januari, Maka anda baru bisa mengambil CTO anda setelah 21 dari tanggal 1 Januari, yaitu 22 januari. Nah sekarang kapan anda bisa mengajukan CTO, anda bisa mengajukan CTO anda 45 hari sebelum anda pergi CTO, jadi anda bisa merencanakan jauh jauh hari memberi kesempatan anda untuk membeli tiket yang memungkinkan anda untuk mendapatkan tiket lebih murah. 

Nah sekarang kita masuk pada bulan terakhir sebelum end of the mission, UNPOL hanya boleh mengambil days off maksimal 10 hari, dan 7 hari sebelum tanggal end of mission UNPOl harus berada di misi, karena harus menyelesaikan proses Check out. HOV Radio, Body vest Helmet, Kendaraan, dan lain lain apabila ada inventory atas nama UNPOL tersebut.

Just an advise, manage CTO dan Annual Leave anda, gunakan karena itu hak anda, dan jangan sampai ada sisa karena sayang apabila tidak di gunakan.

Apa bila anda akan segera mengakhiri misi anda, lebih baik satu bulan sebelum misi anda selesai anda HOV segala Inventaris UN yang ada pada anda.

Salam hangat dari Port au Prince Haiti. Semoga akan semakin banyak anggota Polri yang dapat bertugas di misi PBB.

1 komentar: